Sabtu, 13 Oktober 2012

Selamatkan Bumi


12 Hal Menyenangkan untuk Menyelamatkan Bumi


                Global Warming semakin mengancam. Sebagai penghuni bumi kita diwajibkan untuk ikut andil dalam penyelamatan bumi. Jangan banyangkan dengan hal-hal muluk yang sulit dilakukan dan makan banyak biaya. Justru dengan memulai dari diri sendiri dan hal-hal kecil dan menghemat biaya:
  1. Gaya hidup vegetarian, seperti yang kita ketahui bersama daging sebagai salah satu penyumbang dominan global warming. Memang tidak gampang untuk meninggalkan daging apalagi bagi anda yang sangat hobi makan daging, tapi sedikit mengurangi konsumsi anda dari biasanya maka anda sudah berandil dalam mengurangi pemanasan global, mulai dari sesuatu yang kecil sangat berarti ketimbang tak melakukan sama sekali. Kan kita juga bisa melakukannya untuk program diet.
  2. Pilih kendaraan hibrida, yups jika anda mampu membeli kendaraan hibrida maka pilihan bijak untuk memilihnya, namun jika belum mampu maka bisa pilih yang hemat energi dan gunakanlah city car jika anda tak perlu banyak mengangkut penumpang atau berbagilah dengan rekan sekerja, selain bisa tambah akrab kan juga bisa hemat BBM, dan pilihan yang lain bisa juga naik sepeda.
  3. Menanam pohon lebih banyak akan sangat baik. Pohon atau tanaman hias selain sebagai perindang secara tak sadar kitapun memberi andil dalam mengurangi pemanasan global juga, jika anda hidup dilingkungan kota dengan lahan yang tak terlalu lebar maka tanaman hias bisa jadi pilihan untuk anda, kan lumayan bisa bikin rumah tambah cantik dan asri. 
  4. Hemat energi, dengan menghemat energi sama halnya dengan mengurangi emisi dari sisa pembangkit energi itu sendiri.
  5. Daur ulang bahan yang bisa didaur ulang, jika anda tak mampu melakukan yang satu ini ada satu alternatif, percayakan sampah-sampah anda yang bisa didaur ulang pada pemulung, toh kemudian pemulung melanjutkan perjalanan sampah itu ke pengepul untuk disetor ke pabrik daur ulang, cara yang sederhana adalah buang sampah anda dan hindari sampah masih terbungkus tas kresek. Berkaitan dengan kebiasaan kita yang melapisi tempat sampah dengan kresek karena alasan lebih mudah membuangnya tinggal ambil kreseknya langsung lempar dech ke tong sampah. Nah mulai sekarang tinggalkan hal itu dan buanglah sampah dengan menuangnya keseluruhan, memang terkesan agak repot dan sedikit banyak bisa kocar-kacir kalo gak hati-hati, tapi dengan demikian akan memudahkan pemulung untuk menyeleksi dan mengambil sampah-sampah plastik daur ulang. Nah sudah berapa anda menghemat? Mulai dari kresek yang gak sekali buang hingga kalau anda jeli sampah-sampah plastik itu bisa ditukar loh sama segenggam bawang merah atau kerupuk oleh pemulung yang biasanya door to door. Lumayan lho....
  6. Beli produk kemasan besar atau isi ulang, nah pasti anda juga sudah seringkan beli produk apapun dalam kemasan kecil atau ekonomis yang kemudian malah menimbulkan sampah yang lebih banyak ketimbang kalau kita beli kemasan besar, wah kan mahal ? iya emang sedikit lebih mahal, tapi apakah tetap mahal kalau kita berbagi alias patungan dengan saudara atau temen kost…kan lebih asyik dan nggak bikin sampah.
  7. Hindari makanan fast food alias instan, apakah anda sudah tahu bahwa fast food adalah penyumbang sampah terbesar didunia, selain itu fast food sangat berpotensi menimbulkan obesitas dan kolestrol lho. Wow....
  8. Gunakan alat-alat yang bisa digunakan berulang-ulang, seperti kaca, aluminium atau plastik food grade (plastik yang aman untuk makanan), nah kalau sudah rusak kan bisa dikasih ke pemulung lagi untuk di daur ulang, penggunaan alat yang hanya sekali pakai tentu menimbulkan sampah dan boros.
  9. Belanja disekitar anda, bagi anda yang hidup dikota memang banyak pilihan belanja kesana kemari dengan berbagai penawaran diskon dan fasilitas lebih, tapi belanja disekitar rumah adalah hal bijak yang bisa anda tempuh, selain anda hemat ongkos pergi-pulang andapun juga mengurangi jejak emisi dan pastinya lebih hemat waktu, bagi anda yang dikampung jangan khawatir, tuch banyak tetangga kan yang buka warung.
  10. Kurangi penggunaan alat pendingin-pemanas, kedua alat inilah yang memakan listrik paling banyak, tapi masih saja sering terdengar AC dan oven lembur karena lupa dimatikan, nah gunakanlah fasilitas timer jadi kalaupun anda lupa kan mereka bisa mati sendiri, dan hanya digunakan saat sangat dibutuhkan.
  11. Mencuci dalam jumlah banyak dan gunakan air dingin, ini tentunya juga bersinergi dengan detergent yang ramah lingkungan dan mudah diuraikan, memang zaman dahulu detergent jenis seperti ini sedikit lebih mahal, tapi sekarang malah terjual banyak sekali dipasaran dengan harga bersaing, mau pilih mana ?  ada juga yang diobral lho.
  12. Jika anda pengguna deodorant, akan lebih baik menghindari yang berbentuk aerosol (dari kemasan tabung aluminuim dan semprotannya mak juz banget), karena aerosol sedikit banyak mengandung CFC yang bisa merusak ozon, maka pilihan bisa jatuh pada yang berbentuk spray, kan gak beda jauh sama aerosol.






Astria Selly Amanda (05/IX-B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About