Minggu, 14 Oktober 2012

Hemat Air

Hemat AIR




Hemat air tanah sebenarnya bukan program baru. Tetapi dampak pemanasan global membuat marak isu ramah lingkungan kembali terdengar di sana-sini. Keberadaan air tanah terbukti membawa pengaruh positif mengurangi dampak pemanasan global.
Jauh dari program penghijauan hutan, penjagaan cagar alam, hingga program-program besar lainnya, melestarikan atau hemat air tanah sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Secara umum misalnya, dasar pendirian sebuah rumah mestilah menyisakan sedikit ruang untuk difungsikan sebagai sumur resapan. Melalui penampungan yang terpenuhi secara otomatis tersebut, rumah Anda bisa menjadi salah satu penyuplai air tanah. Dengan kata lain, meski Anda menggunakan air tanah, tetapi Anda juga menyuplai air tanah dari rumah.
Kalau Anda mau bergerak lebih jauh, Anda bisa mengubah halaman parkir menjadi semi tanah dan rumput. Perpaduan ini memungkinkan air hujan lebih banyak terserap, tanpa mengkawatirkan kendaraan tidak bisa diparkir dengan nyaman.


Atau bila Anda cukup memiliki dana, Anda bisa membuat taman kecil dengan beberapa pohon besar yang akan menampung air pada akar-akarnya. Selanjutnya, tinggal menggunakan bola pencuci EcoBall sebagai solusi praktis menghemat air sekaligus menghasilkan limbah air sisa cucian yang ramah lingkungan.
Dengan cara-cara tersebut, Anda dapat lebih mudah menjalankan program hemat air tanah, bukan? Tanpa perlu merancang solusi terlalu panjang, Anda hanya tinggal menjalankan beberapa solusi praktis tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Blogger templates

About